Minggu, 31 Mei 2015

Lapisan Aspal Jalan

Lapisan Aspal Jalan, Aspal Jalan
Setiap kontruksi bagunan pasti ada lapisan atau standar material yang di pakai termasuk lapisan aspal jalan,dibawah ini lapisan aspal jalan pada umumnya,yang juga kami pakai dalam pembuatan aspal jalan :
Aspal Concrete
Asphalt Concrete -Wearing Course adalah lapisan pengerasan yang terletak paling atas dan berfungsi sebagai  lapisan aus. Walaupun bersifat non struktural, AC-WC dapat menambah daya tahan pengerasan terhadap penurunan mutu sehingga secara keseluruhan menambah masa pelayanan dari konstruksi pengerasan .

Lapisan ini merupakan pengerasan yang terletak di bawah lapis pengikat (AC- BC), pengerasan tersebut  tidak berhubungan  langsung dengan cuaca, tetapi perlu memiliki stabilitas untuk menahan beban lalu lintas yang disebarkan melalui roda kendaraan.Perbedaan terletak pada jenis gradasi agregat dan kadar aspal yang digunakan. Menurut Departemen Pekerjaan Umum  (1983)  Laston Atas atau lapisan pondasi atas ( AC- Base) merupakan pondasi pengerasan yang terdiri dari campuran agregat dan aspal dengan perbandingan tertentu dicampur dan dipadatkan dalam keadaan panas. 


Lapis Pondasi (AC- Base ) mempunyai fungsi memberi dukungan lapis permukaan; mengurangi regangan dan tegangan; menyebarkan dan meneruskan beban konstruksi jalan di bawahnya (Sub Grade)
Contoh gambar lapisan aspal jalan :


Lapisan Aspal Jalan, Aspal Jalan