Rabu, 20 Mei 2015

Proses Pembuatan Jalan Aspal Hotmix

Proses Pembuatan Jalan Aspal Hotmix, Pembuatan Jalan Aspal Hotmix
Untuk mengetahui proses pembuatan jalan aspal hotmix berikut ini penjelasannya :

Proses pembuatan jalan aspal hotmix :
Survey lapangan : Agar kita tau keadaan tanah yang akan dijadikan jalan, apakah sudah keras atau masih lembek.

Pondasi : Ini di sesuaikan dengan keadaan tanah yang sudah kita survei, pondasi yang baik ialah pondasi yang sudah kuat/sudah benar" padat, dan dipadatkan dengan menggunakan mesin stum/stamper.

Cara Pengerjaan : Jika pondasi sudah benar" padat, Kita kasih pelingkut (dihampar dengan Aspal) lanjutkan dengan menghamparkan batu pecah 3/5 lalu di padatkan lagi dengan menggunakan mesin Stum, terus di kasih pelingkut lagi, langkah selanjutnya kita hamparkan batu pecah 2/3, padatkan lagi sampai benar" padat, lalu kasih pelingkut lagi, dan untuk langkah selanjutnya kita hamparkan batu pecah 1/2 ini tahap akhir untuk penghamparan batu pecah.


Untuk tahap akhir kita kasih dulu pelingkut lalu kita hamparkan Screen ( batu pecah yang ukurannya dibawah 1cm lebih mirip seperti pasir ) ini dimaksudkan agar terbentuk sebuah jalan yang lebih rata dan enak dilihat maupun di pinjak,.

Hotmix : Nah kalau kita ingin jalan tersebut lebih halus langkah kita gunakan Hotmix,
Cara Pengerjaan : Bersihkan dulu LPA (Jalan yang sudah di aspal dari debu dengan menggunakan mesin penyemprot debu atau dengan menggunakan alat sederhana misalnya dengan menggunakan sapu lidi,

Dan pengerjaan seterusnya
Pemindahan Aspal hotmix dari truk pengangkut ke mesin Finisher
Penghamparan Aspal Hotmix
Meratakan hotmix dengan mesin finisher.